Sabtu, 17 Desember 2016

Sulaman



SULAMAN

Sulaman adalah teknik membuat ragam hias pada permukaan kain dengan benang. Benang tersebut diatur secara dekoratif pada permukaan kain dengan jalan menusukkan benang dengan bermacam-macam tusuk. Macam - macam tusuk ini dinamakan dengan tusuk hias.
Sulaman dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.       Sulaman berwarna  yaitu Sulaman yang dikerjakan pada kain polos dengan hiasan             berbagai macam tusuk hias yang menggunakan benang beragam warna
2.        Sulaman putih yaitu Sulaman putih dikerjakan pada kain polos dengan hiasan berbagai    macam tusuk hias dan menggunakan benang hias sewarna, lebih tua atau lebih muda dari warna kain.
Macam – macam Sulaman berwarna:
1.       Sulaman Fantasi adalah sulaman yang menerapkan bermacam-macam tusuk hias dengan aneka warna benang. Motif hias yang akan dibuat dikerjakan dengan bermacam-macam tusuk hias paling sedikit tiga macam tusuk hias.
2.        Sulaman Aplikasi adalah salah satu teknik menghias busana yang menggunakan kain lain untuk membentuk motif pada busana dengan cara menempelkan kain lain tersebut pada bahan utama lalu bagian pinggirnya diberi tusuk feston.
Macam-macam Sulaman Putih:
1.    Sulaman inkrustasi adalah salah satu teknik menyulam dengan menggunakan kain tembeus terang sebagai hiasannya.dimana kain tembus tersebut diletakkan di bawah motif yang telah dilubangi.
2.    Sulaman Perancis merupakan sulaman yang timbul (relief) karena motif-motif diisi dengan tusuk rantai sebagai pengisi atau penebal. Tepi motif dijelujur halus dua kali penyelesaian motif dengan tusuk pipih. Untuk membuat garis yang merupakan tangkai daun digunakan tusuk jelujur yang diselesaikan dengan tusuk balut.
3.    Sulaman Inggris adalah salah satu teknik menyulam dimana bentuk motif hiasnya terdiri dari lubang-lubang bundar, lonjong atau berbentuk tetes air yang diselesaikan dengan tusuk feston atau tusuk cordon, dirangkai dengan tusuk pipih dan tusuk tangkai. Tepi sulaman diberi pinggiran yang berbentuk lengkungan yang disebut bentuk ringgitan.
4.    Sulaman ini disebut juga dengan sulaman terbuka karena efeknya terbuka (seperti renda). Motif dari sulaman ini berlubang-lubang. Lubang tersebut diberi beberapa rentangan benang yang difeston (brides).
5.    Sulaman bayangan, Disebut sulaman bayangan karena yang berfungsi sebagai hiasan adalah bayangannya saja, karena bayangannya yang kita manfaatkan maka kain yang kita gunakan adalah kain yang tembus terang seperti paris dan sifon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar